MOTOR DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK

BAB I
Konstruksi dan Cara Kerja Motor Diesel Penggerak Generator Listrik

1.1. Konstruksi Motor Diesel Penggerak Generator Listrik
Secara garis besarnya konstuksi utama sebuah motor diesel (4 tak) penggerak generator listrik dapat dibagi menjadi 5 bagian utama, meliputi :

a). Komponen sistem bahan bakar : tangki bahan bakar, keran bahan bakar, saringan bahan bakar, pompa injeksi, mekanisme governor, pipa tekanan tinggi, injektor (nozzle) dan saluran pengembalian bahan bakar.
b). Komponen sistem pelumasan : panci oli (carter), saringan kasar (oil screen), pompa oli, saringan halus (oil filter), indikator oli dan saluran penyalur oli pelumas.
c). Komponen sistem pendinginan : tangki air pendingin, mantel pendingin blok selinder (water jacket) dan komponen lain sesuai tipe pendinginan yang digunakan.
d). Komponen sistem mekanisme katup : poros bubungan (cam shaft), pengungkit (tappet), batang pendorong (push rod), tuas penekan katup (rocker arm), katup dan pegas katup.
e). Komponen lain di luar keempat sistem yang telah disebutkan, yaitu : blok selinder, kepala selinder, torak (piston), batang torak (connecting rod), poros engkol, roda gila (fly wheel) dan puli penggerak.

Satu Tanggapan to “MOTOR DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK”

  1. MAHMUD, SP Says:

    Assalamualaikum,
    Aku terus terang iri dg. tampilan blogmu, sebab punyaku headernya blog aslinya masih ceket.
    Masalah VO2 kami belum dapat info, ok.
    Wassalam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: