PENGGERAK GENERATOR LISTRIK

Sumber Data:1. Seri Latihan Teknik Otomotif Pengantar Motor Diesel
2. Petunjuk Perawatan Motor Diesel Kubota

Diajukan Kepada Dinas Tenga Kerja
Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
Untuk Memperoleh Angka Kredit

Disusun :

S U B A K T I, ST.
NIP. 160 035 739

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA
TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA
Jl. Raya Jabon Kec. Mojoanyar PO. Box.07 Telp. 0321-323237
MOJOKERTO 61302

Perihal : Permohonan Ijin Menyadur Buku
Mojokerto, 20 Januari 2009.

Kepada
Yth.: Bapak Kepala UPT Pelatihan Kerja Mojokerto

Di
MOJOKERTO

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:
Nama : S u b a k t i, ST
NIP : 160 035 739
Pangkat : Penata Tk. I (III/d)
Jabatan : Instruktur Muda Kejuruan Otomotif
Dengan ini mengajukan permohonan ijin Menyadur Buku dengan judul Motor Diesel Penggerak Generator Listrik dengan outline/garis besar isi buku terlampir.
Demikian surat permohonan ini kami buat untuk memenuhi ketentuan melaksanakan kegiatan pengembangan profesi dalam hal menerjemahkan/menyadur buku atau karya ilmiah yang tidak dipublikasikan dalam bentuk buku. Atas pertimbangan dan perkenan Bapak kami sampaikan terima kasih.

Hormat kami,

S u b a k t i, ST.
NIP. 160 035 739

OUTLINE TULISAN

1. Tema : Motor Diesel

2. Judul : Motor Diesel Penggerak Generator Listrik

3. Bidang : Pengembangan Profesi Dalam Hal Menerjemahkan/Menyadur Buku atau Karya Ilmiah Yang Tidak Dipublikasikan Dalam Bentuk Buku

4. Isi Buku : 1. BAB I Konstruksi dan Cara Kerja Motor Diesel Penggerak Generator Listrik
2. BAB II Sistem Dekompresi, Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Sisa Pembakaran
3. BAB III Sistem Pelumasan dan Sistem Bahan Bakar
4. BAB IV Sistem Pendinginan Motor Diesel Penggerak Generator Listrik
5. BAB IV PENUTUP

5. Sumber Data : 1. Seri Latihan Teknik Otomotif Pengantar Motor Diesel
2. Petunjuk Perawat Motor Diesel Kubota

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA
TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA
Jl. Raya Jabon Kec. Mojoanyar PO. Box.07 Telp. 0321-323237
MOJOKERTO 61302

SURAT PERINTAH TUGAS
——————————————–
Nomor : 800 / / 112.14 / 2009

Dasar : Surat Permohonan dari Instruktur tanggal 20 Januari 2009 tentang ijin menyadur buku.

MEMERINTAHKAN

N a m a : S U B A K T I, ST.
N I P : 160 035 739
Pangkat/Gol/TMT : Penata Tingkat I ( III/d )
J a b a t a n : Instruktur Muda Kejuruan Automotive
Ditugaskan : Melaksanakan Pengembangan Profesi Dalam Hal Menerjemahkan/Menyadur Buku atau Karya Ilmiah Yang Tidak Dipublikasikan Dalam Bentuk Buku dengan judul “Motor Diesel Penggerak Generator Listrik” mulai tanggal 20 Januari 2009 sampai dengan selesai

Dikeluarkan di : Mojokerto
Pada Tanggal : 20 Januari 2009.
—————————————————

Kepala UPT Pelatihan Kerja Mojokerto

Drs. SUPRIJADI, MPd.
Pembina Tk. I
NIP. 160 037 160

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA
TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UNIT PELAKSANA TEKNIS PELATIHAN KERJA
Jl. Raya Jabon Kec. Mojoanyar PO. Box.07 Telp. 0321-323237
MOJOKERTO 61302

LEMBAR PENGESAHAN
Nomor : 800 / /112.14/2009

MOTOR DIESEL PENGGERAK GENERATOR LISTRIK

BUKU SADURAN
Sumber Data:
1. Seri Latihan Teknik Otomotif Pengantar Motor Diesel
2. Petunjuk Perawatan Motor Diesel Kubota

Disusun:
S U B A K T I, ST.
NIP. 160 035 739

Telah Diperiksa dan Disetujui dengan nilai 3 oleh :

Mojokerto, Januari 2009.
Mengetahui :
Kepala UPT Pelatihan Kerja Mojokerto

Drs. SUPRIJADI, MPd.
Pembina Tk. I
NIP. 160 037 160
Tim Penilai Angka Kredit

……………………………………

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah Yang Maha Kuasa, penulis dapat menyelesaikan buku sederhana ini dengan baik, buku ini bertujuan untuk mengenalkan dan membuka wawasan bagi peserta pelatihan maupun instruktur tentang Motor Diesel Penggerak Generator Listrik.
Penulis menyadari bahwa penyusunan buku ini masih banyak hal-hal yang perlu ditambahkan atau dibenahi, oleh karena itu penulis membuka diri untuk menerima masukan-masukan dan saran-saran yang positif demi perbaikan pembuatan buku diwaktu mendatang.
Selain dari itu buku ini dapat diselesaikan berkat dukungan dari berbagai pihak, maka dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Bapak Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
2. Bapak Kepala UPT Pelatihan Kerja Mojokerto
3. Pejabat Struktural di lingkungan UPT Pelatihan Kerja Mojokerto
4. Pejabat Penilai Angka Kridet UPT Pelatihan Kerja Mojokerto
5. Pihak – pihak lain yang tidak mungkin penulis sebutkan satu persatu.
Mojokerto, Januari 2009.
Penulis

DAFTAR ISI

Halaman
HALAMAN DEPAN …………………………………………. i
PERMOHONAN IJIN MENYADUR ………………………… ii
OUTLINE PENULISAN ………………………………… iii
SURAT PERINTAH TUGAS ………………………………… Iv
LEMBAR PENGESAHAN …………………………………… v
KATA PENGANTAR …………………………………………. vi
DAFTAR ISI …………………………………………………… vii
ISTILAH – ISTILAH ………………………………………….. viii
BAB I
Konstruksi dan Cara Kerja Motor Diesel Penggerak Generator Listrik ……………………………………………..

1
1.1. Konstruksi Motor Diesel Penggerak ………………… 1
1.2. Cara Kerja Motor Diesel 4 Tak ………………………. 3
1.3. Rangkuman Bab 1 …………………………………….. 8
BAB II
Sistem Dekompresi, Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Sisa Pembakaran ………………………

10
2.1. Sistem Dekompresi Motor Diesel Penggerak
Generator Listrik ……………………………………..
10
2.2. Sistem Pemasukan Udara dan Pembuangan Gas Sisa Pembakaran …………………………………….
11
2.3. Rangkuman Bab 2. …………………………………… 12
BAB III
Sistem Pelumasan dan Sistem Bahan Bakar …………….
14
3.1. Pelumas dan Bahan Bakar Motor Diesel……………. 14
3.2. Sistem Pelumasan …………………………………….. 15
3.3. Sistem Bahan Bakar……………………………………. 17
3.4. Rangkuman Bab 3 …………………………………….. 21
BAB IV
Sistem Pendinginan Motor Diesel Penggerak Generator Listrik …………………………………………………………..

22
4.1. Prinsip Kerja Sistem Pendinginan Diesel Penggerak Generator…………………………………………………
22
4.2. Tipe-Tipe Sistem Pendinginan Air Diesel Penggerak Generator. ……………………………………………….
23
4.3. Rangkuman Bab 4 ……………………………………. 26
BAB V Penutup ………………………………………………. 27
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………….. 28

ISTILAH – ISTILAH

Air Cleaner yaitu salah satu komponen motor diesel yang berfungsi untuk menyaring atau membersihkan udara yang dihisap ke dalam selinder saat langkah hisap.
Deep Stick yaitu tangkai atau tongkat pengukur yang mengindikasikan jumlah minyak pelumas dalam panci oli (Carter) saat mesin dalam keadaan dingin. Deep stick ini menyatu dengan tutup saluran pengisian oli pelumas.
Dekompresi yaitu pengurangan tekanan kompresi dengan cara membuka salah satu katup untuk membocorkan tekanan udara pada saat langkah kompresi.
Ignition Delay yaitu selisih antara waktu terjadinya pembakaran maksimal dengan waktu saat bahan bakar mulai disemprotkan, atau lebih sering disebut keterlambatan pembakaran.
Injektor (nozzle) yaitu salah satu bagian dari sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi untuk mengabutkan (menyemprotkan) bahan bakar ke dalam selinder (ruang bakar).
Knalpot (muffler) yaitu bagian dari sistem pengeluaran / pembuangan gas sisa pembakaran yang berfungsi untuk menyalurkan gas sisa ke udara luar sekaligus sebagai peredam suara akibat tekanan eksplosif pembakaran yang turut terbawa pada aliran gas buang.
Knocking : yaitu suara ketukan yang berasal dari dalam selinder (ruang bakar) saat motor bekerja (saat pembakaran) sebagai akibat dari proses pembakaran yang tidak teratur.
Mekanisme Governor yaitu mekanisme sistem bahan bakar motor diesel yang berfungsi untuk mengatur dan menyesuaikan intensitas bahan bakar yang dipompakan ke injector sesuai dengan kondisi kerja (beban) motor.
Oil Film yaitu lapisan tipis minyak pelumas (oli) yang terbentuk pada permukaan dua komponen motor yang saling bersinggungan.
Over Lap Katup yaitu suatu keadaan atau saat dimana kedua katup (katup masuk dan katup buang) dalam keadaan terbuka secara bersamaan. (lihat pada gambar. 3 halaman 9, over lap katup ditunjukkan oleh daerah A-D).
Pelumas Multigrade yaitu minyak pelumas yang tingkat kekentalannya tidak terpengaruh oleh perubahan temperatur.
Relief Valve yaitu katup yang berfungsi untuk mencegah kelebihan tekanan bahan bakar pada pipa saluran tekanan tinggi, sehingga kelebihan tersebut akan disalurkan kembali ke tangki bahan bakar.
Roda Gila (fly wheel) yaitu salah satu komponen motor diesel generator yang berfungsi sebagai penyeimbang putaran motor (balancer) sekaligus penyimpan tenaga putar yang dihasilkan oleh putaran poros engkol, sehingga poros engkol dapat berputar terus guna manghasilkan langkah usaha kembali (kesinambungan kerja).
TMA (titik mati atas) yaitu titik terjauh yang dapat dijangkau oleh puncak torak (piston) dimana antara jari-jari poros engkol dan batang torak membentuk satu garis lurus.
TMB (titik mati bawah) yaitu titik terdekat yang dapat dicapai oleh puncak torak jika ditinjau dari jaraknya terhadap titik pusat poros engkol.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: