SAKLAR SENTUH

Saklar sentuh adalah saklar yang pengoperasiannnya cukup hanya disentuh (tangan), bisa diaplikasikan untuk berbagai keperluan dan keinginan. Misal dipasang pada sepeda motor, maka sepeda motor tidak bisa hidup walaupun kontak sudah ON sebelum bagian tertentu dari sepeda motor kita sentuh.

Setiap kontak OFF, motor tidak bisa hidup walaupun kontak ON sebelum disentuh. ….

Jadi berfungsi sebagai pengaman.Komponennya : Relay 12V Kaki 5 = 1 buah

Transistor PNP A564 = 2 buah

2RELAY PNP Sistem pengapian saat ini ada dua macam yaitu CDI AC dan CDI DC, jika dipasang pada sistem pengapian CDI DC maka terminal/kaki (5) relay dihubungkan dengan pulser, terminal/kaki (1) relay dihubungkan (+) sesudah kontak (hitam), terminal/kaki (3) relay dihubungkan massa/Ground. Terminal/kaki (B) transistor tambah kabel secukupnya untuk disentuh (pada bagian tertentu (jangan ditempelkan logam sepeda motor). SENTUH Sistem pengapian CDI A maka terminal/kaki (5) relay dihubungkan dengan pulser/kabel hitam strip putih kontak, terminal/kaki (1) relay dihubungkan kabel hitam kontak, terminal/kaki (3) relay dihubungkan kabel hijau kontak. Terminal/kaki (B) transistor tambah kabel secukupnya untuk disentuh (pada bagian tertentu (jangan ditempelkan logam sepeda motor). SENTUH2

UNTUK YANG MEMBUTUHKAN SEMOGA BERMANFAAT


Mohon Perhatian Tulisan – tulisan di Blog: blkimojokerto.wordpress.com ini merupakan pandangan pribadi dari saya dan ada beberapa bagian merupakan cuplikan kutipan dari sumber yang bermacam – macam. Jika ada yang keberatan dengan tulisannya yang saya kutip, ada dalam blog ini, sudilah kiranya mengingatkan saya.

About these ads

Tag: , ,

72 Tanggapan to “SAKLAR SENTUH”

  1. oman Says:

    terima kasih mas saya mo bikin rangkaian kaya gini apa yang musti di sentuh mas mohon di jelaskan PM aja mas

    Mohon banget mas buat pengaman motor saya

  2. karim Says:

    trim banyak

  3. RIDWAN Says:

    Mas, kalo motor saya dipinjam, biar alarmnya di matikan gimana caranya! trims

  4. toni Says:

    kurang jelas dan kritis mas

  5. oman Says:

    terimaksih mas saya sudah bisa rangkaian ini klo mo di tambah alarm gimana? jadi klo kita ga nyentuh saklar motor di kontak maka alarm berbunyi dan motor tidak bisa jalan klo kita sentuh saklar maka motor bisa jalan seperti biasa

    terima kasih

  6. fani Says:

    trims atas pembelajarannya moga2 bermanfaat….amin

  7. suwondo Says:

    terimakasih atas informasinya,saya akan memcobanya

  8. ant2 Says:

    kl saya liat skemanya dimana pulser saat motor di start masi dalam keadaan menyatu antara (+) dgn masaa (-) shg motor tdk akan hidup….saat Basis trasistor disentuh, relay akan nyala dan (+) ma (-) nya akan terlepas…tul g ya pak ???

    saya sudah coba ikutin rangkaian saklar sentuhnya…tapi kenapa relaynya kembali keposisi semula ya saat saya g sentuh lg tuch basis transistor…ya..akhirnya saya pke ntuk nyalain ngedim lampu motorku…

    mohon bantuanya :)

  9. joko Says:

    nyet rangkaiannya kurang kapasitor elco di antara kaki transistor E dan C, transistor yg kedua.. kalau di gambar yg sebelah kanan, pakai 22 uf 25 volt dah cukup, satu buah aja… atau eksperimen sendiri pakai elco yg nilainya lebih besar, bisa juga dipasang di transistor yg kiri antara kaki B dan C..

    selamat bereksperiment…

  10. agus Says:

    Mas, untuk tambahan alarm dihubungkan di mana ya? Aku masih bingung nih. Makasih ya sebelumnya

  11. Andri Says:

    Mohon infonya, persamaan transistor A 564 apa ya pak? Soalnya di daerah saya di pulau Bintan tidak ada transistor jenis A 564.
    Terimakasih atas informasinya.

  12. anto Says:

    mas, dah tak coba di motor shogun new saya…
    tapi ketika saklar tidak disentuh kok relay langsung balik lagi?
    padahal dah tak kasih tambahan elco 22 mikro seperti kata mas joko…
    mohon balasannya….

  13. rahmat Says:

    Mas,aku bingung gimana cara pasang saklar sentuh buatan mas,di mootr beat.sebelumnya makasih ya mas.

  14. ABIM Says:

    Mas, untuk cdi dc kaki (1) relay di hubungkan kabel hitam kontak (maksudnya ke + positip )pada kunci kontak dan kaki (3) rilay kabel hijau (maksudnya ke – negatip kunci kontak )
    maaf ni awam kalaw bisa keteranganya jangan pake warna

  15. fadjar Says:

    klo motor aya kena rampas djalan, motornya mati tapi kontak masih hidup saklar belum kena seentuh, mesin bisa hidup lagi dan tetap kena rampas yaa
    mohon dikaji lagi atau dambah perangkat/rangkaian lain

  16. vivisiska Says:

    bgus bagus ngomong ngomong pengaruh gak yaaaaa hsilnya jika relaynya di ganti dengan yang lain ? soalnya kan itupakai saturasi transistor yaaaa … dengan beban yang lain nya ( lain relay laayn beban arusnya )

  17. dafit Says:

    oiya saya tunggu pak kabar selanjut nya

  18. yaqta Says:

    saya sudah ikuti rangkaian itu,tombol sentuh nya activ,tpi kalo d lepas, motor mati lagi,soal nya,relay off lagi, gimana cara nya biar tetep On meski jari nya di lepas pak???? dah di coba pake elco kl di lepas tetep relay of lagi bos!….. massa sudah di coba gonta ganti posisi tetep aza bos!! mohon infonya biar gak of lagi. trimakasih

  19. edy Says:

    @atas. lihat pin2 relaynya. harusnya pin no 2 dikasih kabel dan dihubungkan ke pin no 4. pasti relay akan on terus…..begitu boz.

  20. oman Says:

    Mas klo saya pasang di motor vario kira kira kabel apa yang kita groundkan?
    terima kasih

  21. Tarman Biha Says:

    selain pake transistor di atas, asal pake transistor jenis pnp apa bisa?

  22. masjum Says:

    Assalamu’alaikum Mas,
    Aku dah bikin rangkaian dan sudah diberi kapasitor elco 22 micro, tapi bila sentuh di lepas motor mati, kalo boleh tau nilai kapasitor yang pasti berapa? maklum dak tau elektro mas, motor saya ninin 150 cc pengapian DC. Terima kasih atas pencerahannya.
    Wassalam

  23. yudi perdianto Says:

    om…klo rangkaian saklar sentuh d jdkan sebagai saklar on/off aja bukan buat menghidupkan motor, bagai mana jalur kabelnya om….dengan mengunakan riley 8 kaki

  24. Makkarassang Says:

    UDah capaek mas mulai tambah elco, sampe kembalikan ke rangkaian standar sesuai gambar tp tetap aja kalo ngga disentuh relaix kembali off, kok soalusix ngga ada?????

  25. mjh Says:

    berapa harganya mas?

  26. arul Says:

    pnyku jupiter z ’05 kbl pulsernya yg mana pak?

  27. arul Says:

    pny ku jupiter ’05 kbl pulsernya yg mana pak??

  28. lukman Says:

    terimakasih ilmunya moga manpaat…..

  29. lukman Says:

    kalau sy bikin sesuai diagram itu berhasil sampai 8biji, tp pas di pake di motor yg berhasil cuma satu, artinya yg 7 lagi itu pas di kasih + kontak kok relay langsung on, sy heran sekali……
    tpsy belum nyerah untuk memodipikasi…..

    • John D. Says:

      Mungkin point sentuhnya (kaki basis) pada saat ditempatkan di motor kontak dgn body….atau terlalu deket dan tak sengaja terhubung….karena ini sngt sensitif…dgn arus yg sgt kecil aja…udah bisa kontak…apalagi dlm keadaan basah….

  30. lukman Says:

    kalau masalah cuma kl ga disentuh balik lagi itu hanya karena pi 2 ga di gabung ke pin 4.
    cma sy disini ingin bertanya, gmn kl tr A564 di ganti pake C9012 bisa dan bagus ga?……………………

  31. Radi SchatZy Says:

    cukup simple

  32. lucky Says:

    maaf….sy br blajar…apa itu pulser?

  33. lucky Says:

    untuk relay pin 1 kemana , pin 4 kemana pak,.saya blm bisa baca gambarnya..tlg pak y…trims

  34. Abdus Shomuch Says:

    mas, sy belom paham jenis relay yang di pakek. lau bisa kirimkan gambar relay-nya. sekalian dengan penjelasan penyambungan ke kaki relay-nya itu

  35. wahyu putra andaru Says:

    ass… mf pak mau tanya….
    saya pengen motor saya, kalau ada yang menyentuh riting dan klakson nyala …
    gimana caranya pak…????
    … trimakasih ….

  36. John D. Says:

    Kalo boleh kasih sdkit tambahan…
    2 buah transistor di skema ini bisa diganti menjadi 1 saja, dengan jenis darlington, saya sudah pake dan berhasil, jenisnya BC516 harganya memang lbh mahal dikit, saya beli di Tangerang @ Rp1.500

  37. dikin Says:

    relay nya yg brpa kaki boz..mhn pencerahan nya,mklm msh awam elektro.

  38. iman Says:

    kalo di liat ini salah rangkaian deh kawan2, masalahnya sewaktu saklar disentuh rangkaian darlington tersebut akan mengaktifkan relay, tetapi ketika sentuhan sudah tidak ada atau maksudnya setelah disentuh maka relay akan kembali ke posisi semula karena trigger untuk transistor tersebut jg udah ga ada, solusinya adalah dibutuhkan rangk relay locking setelah rangkaian darlington tersebut supaya setelah disentuh relay akan mengunci, dan untuk mengembalikan keposisi semula relay harus dihilangkanm sumber dayanya.
    mohon maaf kalo saya salah, semata2 ini testing yang saya lakukan sendiri.

  39. aries Says:

    mas mau nanya nihh, bisa ga kabel kontak aja yg di ambil bukan pulsernya jadi lebih praktis masangnya, trus relainya kasih contoh dong saya udah nyoba tapi ga bisa2>?

  40. zahrotu syifa Says:

    permisi mas saya mu tanya .saya mau bikin pengaman motor,begitu mtor d dorong klakson langsung berbunyi .cuma masih bingung caranya.mohon bantuanya

  41. teguh Says:

    mau tanya nich,seandainya basis disentuh relay akan ON.
    apakah akan nge LOCK apabila sentuhan dilepas…????

  42. agamfz Says:

    sudah saya praktekan dan berhasil, terima kasih pencerahannya. izin menyimak dan mempelajari.

  43. umiati Says:

    mas ada g rangkaian walk i talki?

  44. mpenk Says:

    mas klo d pasang d rx king gmn carany?

  45. harry Says:

    Permisi numpang tanya klo yg d grounding kabel pulsernya,masalah tidak ke bagian CDI terutama CDI DC.

  46. eko Says:

    pak.. untuk rangkaian di ECU gimana ya?

  47. budi motor Says:

    Gan minta pencerahannya dong.
    Katanya kan sudah berhasil.
    Minta PIN BBnya kalo puny.
    Kalo bales tolong bales ke FB ku
    Tjeproet van Hardjodiningrat

    Makasih sebelumnya.

  48. arya Says:

    saya sudah berhasil ,,,. tapi ngrusak CDI gx pak ?????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: